Senin, 17 Oktober 2016

Rusia Umumkn Jeda Serangan Delapan Jam di Aleppo



Foto: Seorang bapak dan anak memandangi bangunan yang hancur di Aleppo akibat kebrutalan Rusia dan Suriah [foto: Anadolu Agency]
KIBLAT.NET, Moskow – Militer Rusia mengumumkan jeda serangan di kota Aleppo selama delapan jam untuk memungkinkan masuknya konvoi bantuan.
Kepala departemen Staf Khusus Rusia, Letnan Jenderal Sergey Rudskoy mengatakan bahwa pemboman akan dihentikan antara pukul 08:00 sampai 16:00 waktu setempat.
Dia juga mengatakan, enam koridor kemanusiaan akan dibuka untuk memungkinkan warga sipil yang terluka bisa dievakuasi.
“Kami siap untuk menghentikan kegiatan militer atas permintaan organisasi bantuan kemanusiaan untuk akses tenaga medis dan evakuasi yang terluka dan sakit,” katanya pada Senin (17/10).
Walau begitu, Rudskoy mengaku akan mengesampingkan opsi gencatan senjata yang memungkinkan pasukan oposisi berkumpul di Aleppo timur.
Gencatan senjata pada bulan lalu telah runtuh setelah sejumlah jet rezim Assad dan Rusia menargetkan konvoi bantuan dan warga sipil.
Tidak hanya itu, mereka juga menyasar rumah sakit, tenaga medis dan infrastruktur penting lainnya dengan bom cluster dan senjata kimia.
“Mereka sengaja menargetkan rumah sakit, tenaga medis, sekolah dan infrastruktur penting dengan menggunakan bom cluster serta senjata kimia dan ini merupakan kejahatan perang,” pungkas Dewan Luar Negeri Uni Eropa

0 komentar:

Posting Komentar