Senin, 17 Oktober 2016

Lima Provinsi Afghanistan Ini Jadi Fokus Operasi Taliban

Kabul – Dari 34 provinsi di Afghanistan, Taliban memfokuskan operasinya di lima provinsi. Dua di wilayah utara (Kunduz dan Baghlan), dua di selatan (Helmand dan Uruzgan), serta satu di wilayah barat (Farah).
Taliban memulai operasinya di kawasan-kawasan pedesaan dari lima provinsi tersebut. Sebagaimana dijelaskan oleh gubernur bayangan Taliban di Uruzgan, Mullah Aminullah Yousuf, bulan April 2016 lalu, strategi ini dilakukan untuk memaksimalkan perekrutan dan pelatihan pejuang, pengumpulan dana, pengiriman bahan pokok, serta penyerangan di pusat-pusat kota.
Secara ringkas, inilah operasi Taliban di lima kota tersebut:
1. Kunduz: Taliban berhasil menguasai Kunduz pada 3 Oktober lalu. Pemerintah Afghanistan mengklaim bahwa kota itu hanya dikuasai Taliban selama 9 hari, hingga akhirnya dapat direbut kembali dengan dukungan pasukan NATO. Meski demikian, Taliban masih menguasai pinggiran kota Kunduz. Tujuh distrik dari provinsi ini dilaporkan tengah diperebutkan.
2. Baghlan: Ibukota Pul-i-Khumri di provinsi Baghlan telah berada di bawah tekanan Taliban sejak Mei 2016. Selain kota itu, 3 distrik dari 13 lainnya masih dalam perebutan. Taliban secara rutin menutup jalan raya yang menghubungkan kota Kunduz dengan Pul-i-Khumri.
3. Helmand: Lebih dari setahun Taliban melakukan operasi di Lashkar Gah, ibukota provinsi ini. Pada Oktober 2015, Taliban dapat merangsek masuk ke dalam Lashkar Gah setelah melakukan pengepungan. Awal pekan ini, Taliban menyergap dan membunuh puluhan tentara Afghanistan, setelah 300 lainnya melarikan diri. Dari 14 distrik di Helmand, enam darinya dilaporkan berada dalam kendali Taliban. Adapun lainnya masih diperebutkan.
4. Uruzgan: Sejak awal September, ibukota Tarin Kot menjadi target serangan Taliban. Dari enam distrik di Uruzgan, satu daerah berada dalam kendali Taliban. Sedangkan lima lainnya masih diperebutkan.
5. Farah: Taliban memotong jalan ke kota Farah pada awal Oktober dan melakukan serangan dari utara. Komandan militer Afghanistan bahkan sampai mengatakan bahwa kota ini akan segera jatuh. Seorang juru bicara Taliban mengatakan pada 13 Oktober bahwa operasi dilakukan di daerah musuh di Baghi Pul dan pejuang dilaporkan mendekati kota E & N. Empat distrik di 11 distrik di provinsi Farah tengah dikendalikan atau diperebutkan oleh Taliban.

0 komentar:

Posting Komentar